Rabu, 13 Januari 2010

PERBEDAAN PR DENGAN HUMAS

PERBEDAAN PR DENGAN HUMAS

Seperti yang kita ketahui pengertian PR adalah suatu sarana atau media yang bias membangun citra diri setiap orang. Peranaan PR sangat berlaku bagi siapa saja dan kapan saja;
  1. Bagi pribadi setiap orang yakni: untuk membangun citra dari orang tersebut, sehingga dia bisa mengenal siapa dirinya sebenarnya dan bagaiman kedudukanya, maka dengan itupun dia bsa menjalin relasi dengan sesama dan menciptakan sebuah wadah saling kepercayaan.
  2. Bagi sebuah organisasi yakni: untuk membangun citra perusahaan itu sendiri, dan tentunya pencitraan sebuah organisasi itu terletak pada diri setiap anggotanya, sehingga ketika setiap orang mampu menjaga citranya masing- masing maka antara anggota dalam sebuah organisasi itu bisa saling kerja sama, saling percaya, saling memberi harapan, dan saling simpati dengan sesame, ketika semuanya aktif maka perjalanan sebuah organisasi tu berjalan lancer.

Untuk menjadi seorang PR harus berpendidikan. Beberapa kriteria untuk menjadi seorang PR yakni:

  • Mampu berbahasa/ komunkasi : disini factor bahasa sangat penting bagi setiap orang, agar bis berkomunikasi dengan siapa saja, dengan itupun dia jaringan kerjanya semakin luas.
  • Penampilan : SEorang PR harus punya penampilan yang menarik dan bisa menjaga kewibawaan dalam segala hal, untuk mengundang rasa simpati dan kenyamanan semua orang.
  • Konvidence : percaya diri merupakan kunci utama keberhasilan setiap orang, dengan moda percya diri setiap orang mampu mengekspreskan dirinya dengan leluasa, dan dengan percya diri pula seseorang mempertanggung jawabkan segakla pekerjaannya.
  • Wawasan yang luas : harus mempunya wawasan yang luas dalam menghadapi semua pekerjan.
  • SWOT analysis:
1. Strength : Harus mampu memperomosikan kelebhan dalam diri
2. Weakness : Harus berani juga menunjukan kekurangan dalam diri
3. Opportunity : bisa mencptakan peluang dan juga mengisi peluang yang ada.
4. Treat : Bisa menemukan jalan keluar sebuah masalah.

Adapun perbedaan antara humas dan PR namun ada juga kesamaannya.


Humas mempunyai ruang lingkup yang terbatas, sedangkan PR ruang lingkupnya luas, daam sebuah kantor peran humas hanya sebagai pembantu dan tidak mempunyai ruang kusus untuk berkembang, tugasnya hanya untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat, dalam struktur perkantoran dia tidak mempunyai ruang kusus. Sedangkan PR sangat berperan aktif baik urusan interen maupun urusan eksteren yakni untuk membanu relasi dengan masyarakat luas.jadi dia mempunyai raung gerak yang luas. Antara humas dan PR ada kesamaan yakni sama – sama membangun komunikasi dua arah antara masyarakat

Nama : Ignasius Mahur
NPM : 07520074

3 komentar:

  1. jika humas dan public itu bedanya apa gan...

    BalasHapus
  2. oke sipp, penjelasan perbedaanya lebih spesifik lagi ya gan . makasih

    BalasHapus
  3. Makasih telah ngepost pembahasan ini, sangat bermanfaat. Mengenai perbedaan pr dan humas, masih ada ga perbedaan lainnya? Mungkin bisa membantu. Because i'm really still confuse about that. Thank you :)

    BalasHapus