Rabu, 13 Januari 2010

Teknologi Public Relation

Teknologi Public Relation

1.a Latar belakang Perkembangan Teknologi yang bersentuhan langsung Perkembangan Public Relation

Perkembangan Lingkungan Bisnis yang berkembang begitu pesat seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi memungkinkan kita berorganisasi yang cenderung berbeda dengan masa lampau. Adanya perubahan arus globalisasi yang mengharuskan kita mengubah bentuk organisasi menjadi fleksibel, ramping dan tanggap terhadap perubahan lingkungan Dunia usaha terutama sektor industri sebagai roda penggerak kemajuan ekonomi bangsa dan merupakan salah satu asset modal negara memberi daya tarik tersendiri bagi masyarakat umumnya, adalah hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan untuk mempertahankan citra dari peristiwa terhadap isu-isu yang melanda perusahaan atau lembaga tersebut.

Disinilah strategi Manajemen dan peran Public Relation sebagai jembatan atau penghubung aspirasi masyarakat, maka hendaknya Public Relation lebih memfokuskan perhatian lingkungan perusahaan dan sekitarnya Era Transparansi dan perkembangan teknologi informasi telah menjadikan masyarakat lebih kritis dan cenderung terjadi perubahan yang cepat dimasyarakat.hal ini dapat diantipasi dengan dengan perkembangan teknologi informasi yang saat ini berkembang dengan pesat dengan menjamurnya media masa baik cetak maupun elektronic.

Berkat kemajuan Teknologi Informasi, praktis Public Relation dapat menerima atau mengirimkan informasi lebih cepat dan mendapatkan instant response time ditingkat Lokal mapun International. Perkembangan Teknologi yang semakin pesat menyebabkan banyaknya penemuan yang dapat memudahkan aktivitas manusia. Kemajuan teknologi tersebut membantu manusia dalam mengatasi kesulitan-kesulitan yang timbul dari batas-batas jarak, ruang dan waktu. Kemajuan teknologi yang begitu pesat telah membuat bola dunia terasa makin kecil dan dibalik semua ini teknologi informasilah yang menjadi ujung tombak perubahan-perubahan yang dirasakan manusia dimuka bumi ini. Namun kearah mana perubahan ini akan berjalan ? dan siapa yang akan diuntungkan atau dirugikan oleh perubahan ini ?

b. Teknologi Public Relation

Dengan cepatnya teknologi yang berkembang dengan pesat dan masuk ke masyarakat kita maka pola hidup masyarakatpun berubah. Dari masyarakat agraris berubah menjadi masyarakat industri moderen, dari lamban ke era yang serba cepat, dari berasas nilai sosial menjadi konsumeris materialistis, dari kehidupan tergantung dari alam hingga menguasai alam. perkembangan teknologi membuat kehidupan di zaman globalisasi ini menjadi lebih mudah dan praktis. Hal dahulu harus dilakukan melalui proses yang panjang dapat dilakukan dalam sekejab oleh teknologi maju. Teknologi yang berkembang ini dapat membantu berbagai profesi yang ada, termasuk Public Relation. Salah contoh Tekonologi Moderen yang membantu kegiatan Public relation adalah Mailing List.Maling List adalah sarana diskusi secara elektronic yang berbasis elektronic mail.

Cara kerja Mailing List adalah seorang penguguna cukup mengirimkan Email kesatu alamat e-mail yang kemudian disebarkan ke semua e-mail yang tergabung dalam mailing list tersebut. Ini salah satu keunggulan tenologi komunikasi yang menunjang aktivitas Public Relation untuk mempercepat pengiriman data dan berita.Keunggulan mailing list sebagai perkembangan teknologi sangat membantu Public Relation, karena proses Marketing dan PR dapat dilakukan teru menerus selama 24 jam sepanjang tahun. Dengan konsistensi PR seprti ini diharapkan image dan eksistensi perusahaan akan menjadi lebih kuat. Memasuki era tahun 1990 an penggunaan teknologi komputer semakain canggih dengan diproduksinya teknologi computer notebook yang sudah dilengkapi dengan modem dan teknologi wireless, serta akses pengiriman berita faks, foto dan video melalui internet atau via satelit, telah memudahkan dan mununjang aktifitas Public relation dalam pemamfaatan perkembangan teknologi komunikasi. Dengan fasilitas internet seluruh aliran informasi yang disampaikan oleh Public relation dapat langsung diterima oleh masyarakat/konsumen tanpa perantara pihak ketiga dan begitu juga sebaliknya dengan fasilitas-fasilitas lainnya misalnya, Website perusahaan dimana masyarakat / konsumen dapat membaca kang sung informasi yang diperlukan tanpa harus ada parantara lagi.

c. Bentuk atau Genre PR saat ini

Dalam era globalisasi bidang kehumasan akan sangat berperan, perusahaan yang tidak memanfaatkan bidang tersebut bakal tertinggal karena tak menguasai perolehan dan penyebaran informasi. PR. Bukanlah fungsi manajemen yang dapat berdiri sendiri, bersama komuniksai pemasaran lainnya akan membentuk Intergreted Marketing Commucations, merupakan cara yang paling efektif dalam mengkomsumsikan pesan-pesan utama kepada pelanggan, Shareholders, karyawan, dan staf perusahaan, serta target public yang lain.
Pentingnya bidang komunikasi dan hubungan masyarakat menjadi perhatin yang sangat serius bagi perusahaan. Sebab setelah ditelaah fungsi komunikasi dan hubungan masyarakat akan sangat terasa manakala perusahaan berupaya mengembangkan usaha dan menghindari situasi yang kurang kondusif dengan lingkungan. Oleh karena itu, bidang komunikasi dan hubungan masyarakat perlu diberikan prioritas dalam dalam perusahaan.sebagi salah satu contoh perusahaan Otsuka Ltd Jepang membentuk bidang khusus komunikasi Ekternal dan hubungan Masyarakat. Dulunya bidang tersebut tidak ada didalam perusahaan. Namun setelah melakukan berbagi evaluasi dan perencanaan kemudian dibentuk tugas yang penting. Hasil positifnya sistem keterbukaan dan motivasi kerja diantara para karyawan perusahaannya menjadi semakin tinggi sebab mereka menegathui berbagai hal yang terjadi diperusahaannya. Keberadaan PR bukan hanya perlu untuk membina hubungan dengan pihak luar namun akan sangat penting untuk memberikan informasi kedalam baik kepada Pimpinan maupun sesama karyawan sendiri. Perusahaan yang berkeinginan menerapkan atau menciptakan suasana nyaman dilingkungannya harus menerapkan prinsip keterbukaan. Disinilah bidang komunikasi dan hubungan masyarakat sangat berperan.
d. PR Sebagai Sebuah Industri
Public Relation sebagai salah satu pilar terpenting dalam komunikasi pemasaran untuk menciptakan reputasi perusahaan, juga mengalami dampaknya. Dalam strategi komunikasi global para praktisi PR memposisikan diri di frontline yang mengkomunikasikan sasaran dan pesan-pesan utama, target Publics dan rencana-rencana perusahaan. PR bukanlah Fungsi manajemen yang berdiri sendiri, bersama sarana pemasaran lainnya akan membentuk Integreted Marketing Comunications, merupakan cara yang paling efektif dalam mengkomunikasikan sasaran dan pesan-pesan utama, targets publics dan rencana-rencana perusahaan.
Integreted marketing communications yang disukung oleh internet, memperkecil error dan miscomunications yang dapat menimbulan kebingungan pelanggan, gabungan upaya-upaya pemsaran ini membantu untuk meyakinkan Targets Publics untuk membeli produk, menggunakan layanan atau berinvestasi.
Tantangan praktisi PR adlah perannya sebagi pengelola dan pendamai sistem nilai, kepercyaan, ideologi perusahaan dengan lingkungan sekitarnya. Peran ini mesti didukung oleh status PR sebagi interpreter perusahaan dan pencipta social policy yang menempatkan organiztional behavior sebagi panduan. Praktisi PR harus selalu menjadi well-informed person dan strong sense dan harus mempunyai nalar yang tajam dan mempunayi wawasan kosmopolitan dalam arti sensitif terhadap multi kultural dan international yang melingkupi public perusahaan.

2.a. Teknologi Komunikasi

Teknologi Komunikasi adalah perangkat dan system hasil rekayasa manusia yang digunakan sebagi media transmisi untuk menyampaikan ide, pesan, atau gagasan kepada orang lain Contoh : Radio televisi, telepon, komputer, internet dll
Dengan perkembangan Teknologi Komunikasi yang pesat menyebabkan banyaknya penemuan yang dapat memudahkan aktivitas dan membantu manusia dalam menagtsi kesulitan yang timbul dari batas jarak, ruang dan waktu.


b. Teknologi Informasi

Teknologi Informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengiriman kepnerima sehingga pengiriman informasi akan lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.
Dari ketiga uraian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa ketiga unsur tersebut mempunyai kesamaan Visi dalam rangka pencapaian tujuan menuju masyakat Informasi yang moderen dengan ditunjang perkembangan teknologi dibidang Informasi dan telekomunikasi yang semakin pesat. Dimana perkembangan teknologi tersebut membantu manusia dalam mengatasi kesulitan-kesulitan komunikasi yang timbul dari batas-batas jarak dan waktu.


Ekawati puji hastuti

07520082

Tidak ada komentar:

Posting Komentar